Apa itu Perangkat Keras/Hardware ?


Perangkat keras/hardware komputer umumnya digolongkan menjadi 4 jenis yaitu :
1.Perangkat masukkan data (input device)
2.Perangkat pemrosesan data (processing device)
3.Perangkat penyimpanan data (storage device)
4.Perangkat keluaran data (output device)

Sebelumnya saya akan membahas satu persati mengemao penggolongan tersebut.
1. Perangkat Keras Masukan/Input Device
Perangkat input (masukan) merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima input berupa data atau perintah yang akan diolah di dalam komputer.Input disebut dapat berupa signal input atau dapat juga berupa maintenance input.
Signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer,sedangkan maintenance input berupa program yang digunakkan untuk mengolah data yang dimasukkan.Jadi,selain digunakkan untuk memasukkan data alat input juga digunakan untuk memasukkan program.
Prinsip kerja input yaitu dengan mengubah perintah yang dipahami manusia ke dalam bentuk yamg dapat dimengerti oleh komputer (machine readable form).Bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer adalah kode-kode biner yang terdiri dari angka 0 dan 1.
Perangkat input dapat dibedakan menjadi dua,yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung.
Pada perangkat input tidak langsung,input yang dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses (CPU) tanpa disimipan oleh penyimpanan media luar.Contoh perangkat input langsung antara lain mouse,keyboard,joystick,scanner,cardreaderMICR(magnetic ink character recognition) dan touch screen.
Pada perangkat input tidak langsung,input yang dimasukkan akan dilewati terlebih dahulu pada suatu media tertentu sebelum diproses oleh CPU.Biasanya input tersebut disimpan media simpandi luar (external memory) seperti magnetic disk (hard disk dan disket) dam optical disk (CD,DVD,dan VCD).Magnetic disk menyimpan data melalui magnetisasi suatu medium,sedangkan optical disk menyimpan data melalui sinar laser yang ditangkap oleh keping CD/DVD.
2. Perangkat Pemrosesan Data/Processing Device
Perangkat pemrosesan dalam komputer disebut dengan CPU (Central Processing Unit).yang berarti Unit Pengolah Pusat.CPU (dan juga media penyimpanan dan perangkat input/output) merupakan komponen yang penting pada masa perkembagan komputer.Sebuah CPU yang dibangun sebagi satu komponen terintegrasi dikenal mikroprosessor.
CPU merupakan otak dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer.Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer.CPU memiliki 3 komponen utama yang merupakan bagian tugas utamanya yaitu :
- Unit Kendali (Control Unit)
Untuk mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem computer serta mengatur kapan alat input  menerima data dan diolah dan ditampilkan.
- Unit Aritmatika dan Logika (Aritmatica and Logic Unit)
Melakukan semua perhitungan aritmatika dan perbandingan (serta penjumlahan,pengurangan,dan beberapa logika lain)
- Register
Berfungsi membantu melakukan hubungan dari dan ke memori ,Register mempunyai kecepatan tinggi,digunakan untuk menyimpan data dan intruksi yang sedang diproses.

Kinerja CPU didukung memori utama yang merupakan komponen penyimpanan internal suatu komputer.Ada dua tipe memori utama yaitu Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory
(ROM).
3.Perangkat Penyimpanan Data/Storagge Device
Perangkat penyimpan merupakan media untuk menyimpan informasi,baik melalu magnetisasi medium tertentu maupun sinar laser.Perangkat ini mutlak doperlukan dalam suatu sistem komputer.
Besar kapasitas harus diperlukan perangkat penyimpanan pendukung.

Contoh perangkat penyimpanan tersebut antara lain :
magnetic disk : antara lainn floppy disk dan hard disk
optical disk : antara lain CD dan DVD
pen drive : antar lain USB flasg drive dan ZIP drive
card : misalnya ATM dan chip-card
pita : misalnya casette dan reel to reel tape

4.PeranKeluaran/Output Devicegkat Keras
Perangkat keras keluaran merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan dan pengelolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapa dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan hasil data proses.Hasil data proses tersebut dapat berupa informasi yang dibutuhkan oleh komputer.
Bebarapa contoh keluaran antara lain monitor,printer,plotter,dan speaker.

1 Response to "Apa itu Perangkat Keras/Hardware ?"

  1. tnks pencerahaanya
    mo download lagu baru mp3 di inyongbae.blogspot.com

    BalasHapus