Bagian Dasar Komputer dan Fungsinya



Bagian Dasar Komputer dan Fungsinya - Semenjak zaman modernisasi perkembangan komputer semakin pesat,penggunanya pun kian banyak.Fungsi komputer menurut pelajar seperti saya cuma sekedar menyelesaikan tugas,browsing/searching,buka media sosial.Namun itu hanya fungsi kecil dari sekian banyak fungsi komputer.Disisi lain komputer juga memiliki beberapa komponen/bagian dasar,sehingga menjadi komputer yang canggih.Saya akan membahas bebrapa bagian dasar komputer dan fungsinya.

Motherboard
Motherboard ini adalah bagian dari komputer seperti halnya prosesor, modul memori,kartu ekspansi dan perangkat eksternal yang terpasang.Ini berarti bahwa motherboard mengontrol fungsi komponen yang berbeda . Jumlah slot koneksi untuk perangkat perifer dan jumlah dan jenis slot memori merupakan sifat penting dari motherboard .Selain berbagai koneksi,motherboard ini juga memiliki baterai kecil memastikan bahwa pengaturan yang dibuat pada papan dipertahankan bahkan ketika komputer dimatikan.

Processor
Prosesor dapat dianggap sebagai'mesin'komputer karena mengeksekusi bagian terbesar dari pengolahan informasi;prosesor menjemput perintah dan informasi yang diperlukan dari RAM,melakukan tugas-tugas,dan mengembalikan informasi diproses ke RAM .Kecepatan komputer tergantung pada kecepatan prosesor . kecepatan prosesor,pada gilirannya dipengaruhi oleh berbagai faktor,seperti yang disebut frekuensi clock (biasanya dinyatakan sebagai gigahertz,GHz),jumlah core dan dari apa yang disebut cache memory di dalam prosesor.

RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori penyimpanan yang berfungsi selama penggunaan komputer dan terutama digunakan oleh prosesor.Pada komputer modern saat ini, jumlah RAM adalah sekitar 4-16 GB tergantung pada jenis dan tujuan dari komputer (lihat unit entri data untuk informasi lebih lanjut).RAM terdiri dari satu atau lebih modul memori.Ketika komputer mulai,sistem operasi dimuat ke RAM (sistem operasi adalah program yang mengontrol perangkat dan program di komputer).Komputer juga memuat file yang sedang diproses seperti:lagu,tugas,video,dan lain sebagainya.

Hard Drive
Hard drive adalah memori permanen dari komputer mana file yang disimpan tetap bahkan ketika komputer dimatikan Inilah sebabnya mengapa hard drive yang digunakan untuk menyimpan file .
Kapasitas hard drive bervariasi yaitu 500-1000 GB,tapi hard drive juga ada yang lebih dari 1500 GB,yaitu 1,5 terabit. Namun, kapasitas hard drive internal pada komputer laptop sering kurang.Sobat dapat menambah kapasitas komputer sobatdengan melampirkan hard drive tambahan,baik secara internal maupun eksternal.
Hard disk digunakan untuk penyimpanan sistem operasi komputer dan semua file penting.

DVD dan Bluray
Sebagian besar komputer masa kini datang dengan Blu-ray drive atau DVD (Digital Versatile Disk) dengan mana sobat dapat membakar hal-hal seperti salinan cadangan dari file penting untuk DVD.CD drive kini telah diganti dengan DVD drive . CD drive hanya dapat membakar data CD,dan memiliki kapasitas penyimpanan secara substansial lebih kecil,sedangkan DVD drive dapat membakar data ke kedua CD dan DVD dengan kapasitas yang lebih besar.

Display Adapter
Kebanyakan layar komputer yang disebut-display LCD (Liquid Crystal Display).Ukuran layar berkisar antara hanya beberapa inci di aparat genggam untuk display desktop 24 inci.Salah satu fitur yang paling penting dari layar adalah resolusi, yaitu berapa banyak piksel (elemen gambar) gambar terdiri dari. Sebuah layar lebar 22 hingga 24-inch yang normal biasanya memiliki 1.920 piksel horizontal dan 1200 piksel vertikal (1920 × 1200).Display ini dapat mereproduksi FullHD (full high definition).
Tidak peduli apa itu jenis displaynya yang terpenting komputer harus berisi disebut display adapter yang memungkinkan sobat untuk melampirkan layar untuk komputer dan mengontrol image display. Hampir semua motherboard dilengkapi dengan adaptor display, sehingga sobat tidak perlu membelinya.

Keyboard
Sebuah keyboard standar memiliki 102 tombol.Tombol dibagi menjadi abjad ( a- z ),angka(1-0) dan khusus (Fungsi,Ctrl,Alt dll kunci).Selain tombol abjad dan numerik biasa,sobat harus tahu setidaknya tombol khusus berikut yang terletak di antara yang abjad. Keyboard pemetaan pada komputer Mac hampir identik dengan keyboard PC,tetapi tombol khusus Ctrl dan Alt sedikit berbeda.Selain itu,keyboard Mac memiliki Fn dan tombol windows.

Kursor/tangan penunjuk
Sebagian besar program telah dirancang untuk digunakan dengan mouse.Kursor mouse terlihat di layar komputer kita,bersamaan dengan mouse.kursor dapat digunakan untuk memilih perintah menu,serta mengaktifkan objek yang berbeda dengan mengklik tombol.

Mouse
Perangkat keras ini juga tidak kalah pentingnya dengan yang lain.Mouse yaitu sebuah benda berukuran kecil yang harus dicolokkan pada lubang kabel komputer yang fungsinya membentu pergerakkan kursor.

Touchpad
Alternatif jika tudak ada mouse.Hampir semua komputer laptop memiliki touchpad yang digunakan untuk memindahkan kursor.Beberapa model juga memiliki disebut pointing stick.Selain itu,komputer portabel memiliki tombol dengan fungsi mengklik dari mouse .touchpad adalah pad di mana sobat dapat mengontrol kursor dengan menggerakkan jari sobat di sepanjang pad.

0 Response to "Bagian Dasar Komputer dan Fungsinya"

Posting Komentar